Sabtu, Mei 14, 2022, 07:41 WIB
Last Updated 2022-05-28T05:58:30Z
PALI

Dinas Koperasi UKM PALI Siap Luncurkan Inovasi KUJUR PALI Sebagai Solusi Pelaku UMKM

Plt Kadiskop UKM saat meninjau pelaku UMKM PALI

PALI,Hitspali.com -- KUJUR merupakan senjata tradisional masyarakat Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).Biasanya Kujur digunakan untuk menombak ikan dan hewan lainnya atau lebih luasnya KUJUR bagi masyarakat PALI digunakan untuk berburu.

KUJUR terdiri dari tongkat sebagai pegangan dan mata atau kepala tombak yang tajam dan kadang diperkeras dengan bahan lain. 

Secara filosofi,KUJUR merupakan simbol seorang laki-laki mampu mencari nafkah atau menghidupi keluarganya.

Hal inilah yang menjadi inspirasi Dinas Koperasi UKM Kabupaten PALI  menjadikan KUJUR sebagai inovasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.

Kujur (foto : dok istimewa)

Plt Kadiskop UKM,Raden Abdur Rahman,S.Pd.,M.Pd mengatakan gagasan inovasi KUJUR merupakan gagasan dari Dinas Koperasi UKM PALI dan juga masukan dari berbagai lapisan masyarakat,seperti awak media,komunitas Pance Kreatif bahkan kalangan mahasiswa.

"Klinik UKM Jawaban Entrepreneur PALI atau  KUJUR PALI merupakan program yang kita gagas dengan harapankan mampu memberikan solusi dan inovasi bagi pelaku UKM di PALI,"Jelas pria yang baru satu bulan menjabat Plt Kadiskop UKM PALI ini.

Ia berharap inovasi KUJUR PALI mampu mendongkrak dan mengembangkan usaha pelaku UMKM sebagaimana sejarah senjata KUJUR pada masa lampau.

"Semoga ini menjadi salah satu solusi untuk kemajuan pelaku UMKM di kabupaten PALI,"harapnya.

Banyak program yang di tawarkan dalam  inovasi KUJUR PALI,diantaranya pelaku UMKM baru yang akan memulai usaha akan di bantu dalam pembuatan NIB (Nomor Izin Usaha) dan IRT (Izin Rumah Tangga) dimana akan bekerjasama dengan Dinas PTSP sedangkan untuk mematenkan produk akan bekerja sama dengan Badan Litbang Kabupaten Pali,selanjutnya Pelaku UMKM yang sudah mempunyai produk akan dibantu dalam pengembangan dan strategi pemasarannya serta di berikan profil produk usaha dan Pelaku UMKM yang sudah mempunyai industri massal akan dibantu dalam peralatan seperi mesin produksi.(dan)