Tuesday, May 3, 2022, 07:47 WIB
Last Updated 2022-11-06T03:47:53Z
KulinerPALITravel & Food

Segarurung,Ikan Asap Khas Kabupaten PALI Cocok Jadi Oleh - Oleh Saat Mudik

Foto : (dok/istimewa)





PALI,hitspali.com -- Jika kamu sedang berkunjung atau sedang mudik di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),tidak salahnya kalau kamu menikmati kuliner olahan dari ikan darat yang khas dan menggugah selera satu ini.


Ya, namanya adalah segarurung, ikan asap khas masyarakat PALI tersebut hingga kini kerap dijadikan oleh-oleh bagi pendatang yang berkunjung ke Kabupaten PALI.


Makanan segarurung sendiri berbahan ikan yang diasapkan atau dikeringkan oleh masyarakat setempat. Biasanya ikan itu dipanggang menggunakan kayu bakar.


Makanan khas PALI itu dinamakan segarurung karena ikannya tersebut dibelah pada bagian belakangnya. Kemudian ditambahkan bumbu-bumbu lainnya.


Di Kabupaten PALI ada beberapa tempat yang menjual segarurung salah satunya yakni Segarurung Suka Rasa PALI. Lokasinya terletak di kawasan Talang Pipa Bawah, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.


Pembuatannya, segarurung itu dibikin menggunakan bumbu olahan cabai, bawang, asam, dan gula. Dengan perpaduan bumbu-bumbu itu makanan tersebut mempunyai cita rasa khas.Yang mana ada pedasnya dan gurihnya.


Setelah diberi bumbu itu langsung dipanggang kurang lebih empat jam.Nah, untuk ikannya sendiri bisa menggunakan berbagai macam ikan seperti ikan nila, ikan patin, ikan lele, ikan gabus hingga ikan toman.


Pengusaha segarurung, Warni, mengatakan usaha segarurung ini telah digelutinya sejak 2007 lalu. Menurut dia, per hari dirinya menghabiskan 30 kilogram ikan.


Dia menambahkan, ikan yang didapatnya pun dibeli dari pasar Inpres Pendopo, Kecamatan Talang Ubi. Sementara harga segarurung itu dijual satunya Rp20.000.


“Harapannya olahan segarurung bisa makin membumi dan dikenal masyarakat luas sebagai oleh-oleh khas Kabupaten PALI,” tuturnya.


Nah,jadi jika kamu berkunjung ke Negeri Seribu Puyang atau Kabupaten PALI tidak ada salahnya menikmati kudapan khas yang satu ini atau kamu juga bisa jadikan oleh-oleh buat keluarga dirumah.(dan)