Thursday, May 5, 2022, 05:12 WIB
Last Updated 2022-05-05T22:32:31Z
PALI

Tak Banyak Pilihan Objek Wisata,Kunjungan Ke Situs Sejarah Candi Bumi Ayu Menjadi Alternatif Liburan Warga PALI

Pengunjung Berfoto di Gedung Koleksi Candi Bumi Ayu
PALI,Hitspali.com ---Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir adalah Kabupaten Pemekaran dari Muara Enim. Baru berumur 9 tahun setelah Pemekaran Kabupaten PALI tidak kalah dari Kabupaten lainnya dari segi Pariwisata.Terbukti PALI mempunyai salah satu situs bersejarah Candi Bumi Ayu yang merupakan andalan Kabupaten PALI dari segi Pariwisata. 


Pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H kali ini kunjungan ke candi Bumi Ayu terbilang sangat ramai dan padat.Di hari lebaran ke 3,Rabu (4/5/22) pantauan hitspali.com sejumlah pengunjung memadati situs sejarah ini,bahkan untuk akses masuk ke dalam kawasan pengunjung harus siap antrian dan macet.

Saat di Temui langsung di lokasi Candi Bumi Ayu Arli Firgianto Am.Rad,Pendamping Desa Pemajuan Kebudayaan desa Bumi Ayu sekaligus ketua Pokdarwis Tebat Jambu menuturkan,diperkirakan 4 ribu pengunjung memadatai kawasan candi Bumi Ayu.

Gedung Koleksi Candi Bumi Ayu (Foto : Dok/istimewa)

"Pada hari lebaran ke 3 hari ini kunjungan sangat ramai. Mungkin hampir 4000an pengunjung memadati Kawasan Candi Bumi Ayu, setiap tahun memang candi Bumi Ayu merupakan tujuan wisatawan setiap kali momen Idul Fitri atau Idul Adha  kunjungan sangat ramai terlebih untuk Idul Fitri kali ini banyak yang pulang kampung”.tuturnya.

Menurut Arly Kawasan Candi Bumi Ayu memiliki 12 situs Cagar Budaya namun yang sudah di bugar hanya Candi 1,2,3 dan 8 sisanya masih dalam gundukan tanah ini menjadi salah satu daya tarik  masyarakat berkunjung kesitus peninggalan agama Hindu yang terdapat di pesisir sungai Lematang.

“Selain situs Candi  Bumi Ayu untuk lebaran kali ini Gedung Koleksi Bumi Ayu tetap di buka inilah yang menjadi alasan kunjungan semakin membludak.Di samping situs alasan lainnya adalah kawasan ini mempunyai pemandangan yang alami dan sejuk”.terangnya.(ly)