Khamis, Jun 02, 2022, 16:59 WIB
Last Updated 2023-06-04T12:37:27Z
NasionalPALI

Disbudpar PALI Dorong Candi Bumi Ayu Menjadi Kawasan Cagar Budaya Nasional

Jakarta,Hitspali.com --Sebagai pusat perkembangan Kerajaan Sriwijaya,Sumatera Selatan memiliki banyak peninggalan bersejarah.Selain prasasti ada juga sebuah kompleks candi. Namanya Candi Bumi Ayu yang berdiri di area seluas 76 hektar.Meski tak semegah Candi Borobudur di Jawa Tengah namun Candi Bumi Ayu menjadi satu-satunya candi di Sumatera.Candi Bumi Ayu merupakan salah satu situs peninggalan agama Hindu yang terdapat di pesisir sungai lematang,tepatnya di Desa Bumi Ayu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Propinsi Sumatera Selatan.


Ada sembilan buah candi yang terdapat di dalam kompleks percandian Bumi Ayu PALI, Sumatera Selatan.Nama Bumiayu diambil dari nama desa di mana candi ini terletak,Desa Bumiayu, Kecamatan Tanah Abang.Komplek Candi Bumi Ayu pertama kali ditemukan oleh EP. Tombrink dalam kondisi terkubur tanah dan rusak pada tahun 1864. Candi ini diperkirakan dibangun pada 819 Saka atau 897 Masehi dan merupakan candi Hindu terbesar di luar Pulau Jawa.Lokasi penemuan komplek candi ini berada di pesisir Sungai Lematang,PALI.Masyarakat sekitar yakin jika lokasi Candi Bumi Ayu adalah bekas istana sebuah kerajaan Gedebong Undang.


Kartika Sari,S.Kom PLT Kadisbudpar Kabupaten PALI

Dan pada tahun ini,melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI Candi Bumi Ayu di dorong untuk menjadi salah satu kawasan cagar budaya Nasional yang ada di Indonesia.

 

"Kedatangan kami beserta tim ke Kementerian Pendidikan,Kebudayaan,Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) adalah untuk memastikan percepatan penetapan Candi Bumi Ayu sebagai Kawasan Cagar budaya Nasional,"kata Kartika Sari,S.Kom Plt Kadisbudpar Kabupaten PALI.Kamis (2/6/22).


Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbudristek,Irene Dewi Wanti 

Kedatangan tim disbudpar Kabupaten PALI langsung di sambut oleh Direktur Perlindungan Kebudayaan Irene Dewi Wanti di ruang Rapat Besar,Direktorat Perlindungan Kebudayaan Kemendikbudristek.


"Besar Harapan kami dari dinas kebudayaan dan Pariwisata kabupaten PALI sendiri Candi Bumi Ayu pada tahun ini ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional,"harapnya.


Foto bersama

Sementara itu,Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbudristek,Irene Dewi Wanti mengapresiasi kedatangan Disbudpar PALI. 


"Ini memperlihatkan bahwa pemerintah daerah khususnya Kabupaten PALI punya komitmen yang kuat terhadap upaya pelestarian warisan kebudayaannya,karena bagaimanapun bahwa untuk kemajuan kebudayaan itu bukan hanya urusan pusat tapi juga urusan di pemerintahan daerah,"kata Irene saat di bincangi hitspali.com seusai pertemuan dengan tim dari Disbudpar PALI.


Disbudpar Kabupaten PALI

Ditambahkan irene, berbagai informasi yang disampaikan Kadisbudpar PALI merupakan informasi cukup baik dan dirinya berharap nantinya bisa berkolaborasi.


"Maka memang tugas kami adalah untuk mendorong segera.Tentunya ini bisa dilaksanakan sidang penetapannya,"tutup Irene.(dan)