Jumaat, Ogos 26, 2022, 15:58 WIB
Last Updated 2022-08-26T08:58:27Z
bonsaiDekranasdaHAKIHUT RIPALITrending

Terdaftar di HAKI,Batik Motif Kambang Toman Tampil di Pameran Bonsai

 

Stand Dekranasda Kabupaten PALI di Pameran Bonsai (Foto : dok.HM )


PALI,Hitspali.com-- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang PALI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Pameran dan Kontes Bonsai Nasional tahun 2022 di Gelanggang Olahraga (Gelora) 10 November Komperta Pendopo, 25 - 28 Agustus 2022.


Kegiatan yang di buka secara resmi oleh Bupati PALI Heri Amalindo itu menampilkan lebih kurang 330 pohon bonsai dari 55 cabang PPBI dari berbagai daerah di 11 Provinsi.


Namun ada yang menarik dari gelaran yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten PALI ini, yaitu hadirnya stand Dekranasda PALI yang menampilkan berbagai kerajinan dari berbagai bahan alam.


"Ini merupakan bentuk partisipasi kami dalam menyukseskan Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang baru pertama kali di gelar di Kabupaten PALI,"terang Ketua harian Dekranasda PALI, Teguh Eko Sutrisno, Jum'at (26/8/22).


Menurut Teguh, sejumlah kerajinan yang sering di tampilkan diberbagai ajang  yang di ikuti Dekranasda PALI,kini  ditampilkan di event kali ini.


Batik Kambang Toman resmi didaftarkan  ke Kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham), dengan nomor pencatatan 000372345. (Foto : dok.Romyzar)


"Selain masyarakat bisa melihat pameran bonsai,masyarakat juga bisa mengenali berbagai produk hasil pengrajin PALI,apa lagi Batik Motif Kambang Toman yang baru di daftarkan di Kemenhumkam kita tampilkan juga,"tutur pria yang juga menjabat Plt Kadisdagperin PALI itu.


Sementara itu Helen (39) salah satu warga Talang ubi mengatakan jika dirinya datang ke pameran bonsai bersama teman-temannya dan tak sengaja mampir di stand Dekranasda.


"Kemano bae kito,baru tau PALI punya kerajian yang bagus-bagus,"celoteh Helen  yang langsung disambut riuh oleh teman-temannya.


Helen juga berharap dengan seringnya stand Dekranasda PALI hadir dalam berbagai kegiatan, setidaknya mampu memperkenalkan produk kerajinan lokal PALI ke masyarakat luas.


"Keren,apa lagi  salah satu motif batik PALI sudah di daftarkan ke Kemenhumkam,itu berarti sepenuhnya milik PALI,"tandas wanita yang berprofesi sebagai pedagang.(red)