Wednesday, September 28, 2022, 19:57 WIB
Last Updated 2022-10-06T13:05:03Z
DekranasdaDisdagprinEventPALITrending

Disdagprin Bekerjasama Dekranasda PALI Gelar Pelatihan Pengrajin Kayu

Pengrajin berasal dari berbagai wilayah di kabupaten PALI. (Foto:dok.nehru)

 

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten PALI menggelar pelatihan peningkatan kemampuan bagi pengrajin ukir kayu yang ada di kabupaten PALI.


Pelatihan digelar di bengel kayu Jepara Carver milik Sutrisno di Kabupaten Jepara,yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 28 September sampai dengan 2 Oktober 2022 dan diikuti oleh para pengrajin kayu  yang ada di kabupaten PALI.


Antusias peserta dalam mengikuti pelatihan (Foto: dok.Ario)

Ketua Dekranasda PALI, Ir Hj Sri Kustina melalui Plt Kadisdagperin Teguh Eko Sutrisno dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan tujuan serta harapannya bagi para peserta pelatihan.


“Pelatihan ini merupakan wujud perhatian kepada masyarakat, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, serta menambah wawasan dan inovasi para pengrajin yang ada di kabupaten PALI,” ujarnya.Rabu (28/9/22).



Teguh pun menambahkan dengan pembinaan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat, kualitas dan kuantitas kerajinan, serta daya saing, sehingga output yang dihasilkan dapat menembus pasar internasional.


"Pelatihan ukir kayu ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM industri kerajinan kita,"tambahnya.



Selain diberikan pelatihan para peserta juga diajak mengunjungi beberapa sentra kerajinan kayu di Kabupaten Jepara.


"Selain pelatihan tehnik mengukir,peserta juga mendatangi beberapa sentra industri kayu di Jepara ini.Hal ini untuk membuka visi pemberdayaan kepada peserta pelatihan,"tutupnya.


Dalam pelatihan kali ini, para pengrajin kayu selain diberikan pengetahuan juga diberikan alat produksi, guna peningkatan kualitas produk mereka nantinya.