Rabu, April 24, 2024, 17:03 WIB
Last Updated 2024-04-24T10:03:18Z
DaerahKabupaten PALITrending

Kesbangpol PALI Gelar Seleksi Paskibraka,Jaring Putra Putri Terbaik di Bumi Serapat Serasan

Akan dipilih 39 peserta terbaik | Foto : emceprojects

Semangat ratusan putra-putri terbaik Bumi Serapat serasan beradu kemampuan dalam seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 di Gedung guest house Bupati PALI, Selasa (24/4/2024).


Total 129 peserta yang mendaftar dari lima kecamatan di Kabupaten PALI, tersisa 121  peserta yang mengikuti tahapan-tahapan tes seleksi paskibra tahun 2024 dari tanggal 22 April sampai dengan 26 April 2024.


Pada hari pertama para calon Paskibraka mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan tes intelegensi umum, hari kedua tes kesehatan,hari ketiga tes PBB dan tes parade,hari keempat tes kesamaptaan,dan hari kelima tes kepribadian.


Empat peserta disiapkan untuk seleksi tingkat provinsi | Foto : emceprojects


Dari rangkaian tes tersebut nantinya akan terjaring 35 peserta plus 4 peserta yang nantinya akan diikutkan dalam seleksi paskibraka provinsi atau nasional.


“Untuk kuota kita di kabupaten 35 peserta namun kemungkinan kita akan merekrut 39 peserta dimana 4 diantaranya dipersiapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi” kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten PALI, Drs. Darmawi, MSi saat meninjau proses seleksi Paskibraka tingkat kabupaten.


Darmawi berharap dua pasang putra putri yang nantinya akan mewakili PALI ke tingkat provinsi atau pun nasional diharapkan bisa lolos. Pasalnya, hal itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah.


Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten PALI, Drs. Darmawi, MSi | Foto : emceprojects


"Setelah para calon peserta Paskibraka ini dinyatakan lolos, nanti akan lanjut ke proses karantina untuk menguatkan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Selain itu, juga dilakukan pembinaan mental ideologi dan penguatan agama,” jelasnya.


Bahkan menurutnya proses sekesi sendiri diperketat, Karena hal ini untuk mencari putra dan putri daerah terbaik di Bumi Serapat Serasan Sehingga nanti setelah purna paski, sikap patriotisme dan nasionalisme mereka bisa meningkat.


"Semoga nanti para anggota Paskibraka yang lolos seleksi bisa mengemban tugas mengibarkan bendera pusaka dengan sempurna dan lancar,” ungkap Darmawi.